PANTAI TRIKORA

Letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Tanjungpinang, lokasinya gampang di tempuh dengan kendaraan umum, roda dua atau mobil atau truck (lori). Lalu lintas tidak macet dan jalannya tidak rusak, bahkan bisa di katakan mulus. Jarak tempuh dari Kota Tanjungpinang ± 45 km. Pantai Trikora merupakan tempat kunjungan wisata yang masih menjadi dominan bagi masyarakat Kepulauan Riau khususnya Kota Tanjungpinang, Kijang, Tg. Uban dan sekitarnya. Pantai Trikora dibawah Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Riau – Provinsi Kepulauan Riau. Entah darimana asalnya, Pantai Trikora ini dibagi menjadi 4 bagian yang terdiri dari Trikora I, Trikora II, Trikora III dan Trikora IV. Dan jangan heran apabila disepanjang perjalanan menuju Pantai Trikora ini tidak akan ditemukan tanda-tanda nyata berupa plang nama yang menentukan letaknya Trikora I sampai IV ini.


Trikora III dan Trikora IV letaknya tidak terlalu jauh akan tetapi akan terlihat cottage-cottage yang berdiri yang dikelola secara profesional. Tujuan utama para wisatawan adalah Pantai Trikora IV. Pantai Trikora IV yang memiliki hamparan pasir putih membentang, air laut yang jernih, dan pemandangan laut yang luas. Selain itu Pantai Trikora masih gratis untuk dikunjungi, artinya tidak ada pungutan untuk biaya masuk pantai. Entahlah untuk tahun-tahun ke depannya. Dihari libur, Pantai Trikora IV ramai dikunjungi dari berbagai macam kalangan. Karena masih asli nya Pantai Trikora IV ini tidak terlihat bangunan-bangunan megah, hanya berupa sawung-sawung yang disewakan dengan harga Rp. 25.000,- selama menikmati indahnya Pantai Trikora. Dan ada juga penyewaan ban dalam kendaraan roda empat (mobil/truck) untuk membantu berenang yang hanya Rp. 10.000,- sepuas-puasnya selama berenang di pantai. Selain itu tidak ada fasilitas-fasilitas lain yang dapat dinikmati para wisatawan.

Pantai Trikora juga menyimpan cerita atau peristiwa yang hampir pasti akan selalu terjadi tiap tahunnya. Pantai Trikora memakan korban jiwa atau ada yang tewas tenggelam selagi menikmati mandi/berenang di laut. Dan ini menjadi peringatan bagi pemerintah untuk memberitahu kepada masyarakat dan masyarakat untuk selalu berhati-hati berenang. Namun tragedi atau peristiwa ini tidak menyurutkan minat masyarakat untuk berwisata ke Pantai Trikora dan yang harus diperhatikan adalah keselamatan, berhati-hati apabila berenang di laut dan pengawasan penuh kepada anak-anak untuk orang tua. Bila penasaran dan ingin mencoba, datanglah ke Tanjungpinang-Provinsi Kepulauan Riau.

4 komentar:

  1. pengen sih ke tanjung pinang..tapi kok jauh banget yahhh...keliatannya pantainya bagus tuh

    BalasHapus
  2. Mantap bang..anak pantai...

    BalasHapus

Tinggalkan Jejak

 

Pengunjung

Ikut Donk......

Tukaran link ....



Silahkan Copy Kode Dibawah Gambar Untuk Tukar Link


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Bintan Island Blogger Community

Tg.Pinang--Kepulauan Riau