MEMILIH AC YANG SEHAT & TEPAT

Semua orang tentu menginginkan rasa nyaman di dalam rumah. Apalagi jika melihat kondisi cuaca di luar yang panas. Oleh sebab itu, tidak heran jika beberapa rumah memasang Air Conditioner (AC). Namun, terkadang sebuah rumah yang sudah memiliki AC, tetap saja terasa panas. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memasang AC di rumah.

Salah satu penyebab rumah masih terasa panas walaupun sudah memiliki AC adalah karena salah memilih AC. Ya, contoh ketidaksesuain ini adalah ketika salah memilih kapasitas AC dengan ukuran ruangan. Jadi, alih-alih kesejukan dalam ruangan yang Anda dapat, melainkan ruangan yang tetap panas dan membengkaknya tagihan listrik.


Solusinya adalah, sebelum Anda membeli sebuah perangkat AC di rumah, ukurlah luas ruangan untuk mengetahui kapasitas AC yang dibutuhkan. Untuk memudahkan Anda, gunakanlah rumus perhitungan seperti, P x L x (T/3) x 0,07 = …. PK. P adalah panjang ruangan, L adalah lebar ruangan, dan T adalah tinggi ruangan.

Contoh cara menghitung menggunakan rumus ini adalah, jika panjang ruangan 10 meter, lebar ruangan 5 meter, dan tinggi ruangan 2 meter, maka kapasitas AC yang sesuai untuk ruangan tersebut adalah 2,3 PK.

Setelah memilih kapasitas AC yang sesuai, sebaiknya Anda perhatikan juga kemampuan kipasnya. Semakin lebar kipas, maka semakin kencang pula angin yang berhembus. Selain itu, pada umumnya AC yang memiliki kipas yang lebar tidak akan menimbulkan suara berisik.

Evaporator yang lebar pada AC juga menandakan kipas pada blower eksternal lebih besar. Hal ini diperlukan untuk keseimbangan kinerja mesin. Akan lebih baik lagi, jika kipas dalam AC tersebut memiliki gerigi karena dapat membuat turbulansi menjadi tidak berisik.

Agar keluarga Anda merasa nyaman dan sehat, sebaiknya Anda memilih AC yang memiliki fitur-fitur tambahan untuk kesehatan. Saat ini beberapa produk AC sudah ada yang memiliki fitur yang mampu membasmi kuman. Bahkan ada juga yang mampu menyaring partikel debu yang sangat halus termasuk bakteri. Jadi pilihlah AC yang tidak lagi hanyak menyejukkan ruangan, tetapi juga dapat menyehatkan.

Setelah memilih AC yang nyaman dan sehat, Anda dapat memilih AC dengan design yang mantap. Apalagi jika Anda adalah seorang yang sangat memperhatikan interior rumah. Oleh sebab itu, pilihlah AC yang memiliki model dan design yang sesuai dengan interior rumah. (Kompas) (INO).

3 komentar:

  1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  2. Bener banget gan, kita harus pintar-pintar memilih AC yang akan kita gunakan.

    BalasHapus
  3. terima kasih infonya dalam memilih AC gan, dalam menentukan AC untuk ruangan memang kita harus tahu banyak faktor.

    BalasHapus

Tinggalkan Jejak

 

Pengunjung

Ikut Donk......

Tukaran link ....



Silahkan Copy Kode Dibawah Gambar Untuk Tukar Link


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Bintan Island Blogger Community

Tg.Pinang--Kepulauan Riau