PAMERAN PHOTO

Dah beberapa hari ini, kerje aku asek nak bolak-balik ke Gedung Kaca Puri, ade Pameran Foto Pembangunan dan Kliping Koran yang dimulai tanggal 31 Januari 2009 – 7 Pebruari 2009. Banyak yang turut serte, DPRD Kota Tanjungpinang, Dinas-Dinas dilingkungan Pemko Tanjungpinang termasuk Kelurahan dan Kecamatan, TNI dan POLRI, GM-BP3KR, DMDI Majelis Belia Kepri, Kadin, Bank, KPU, Sekolah Tinggi, Media Massa, Adpel, Komunitas Penyair Kota, Rumah Sakit Daerah, SATPOL PP Kota Tanjungpinang, Perpat Kota Tanjungpinang, Kepri Fhoto Community, Sanggar dan juge Operator Telpon Seluler. Malam hari pameran ini dihibur dengan persembahan siswa-siswa SMP dan SMA dengan berbagai kreasi kesenian.


Dari jalan-jalan tengok pamaren ini terserempak pulak dengan kawan dari adik aku, terjadilah percakapan singkat yang kesannye macam manelah..nak tau..nah bace ini :

Aku : “jage dimane?”
Kawan : “ini semue aku jage”
(dalam hati aku cakap, betul tak die ini, satpol bukan, kasi atau kabag pun bukan, apalagi kepale dinas)
Aku : “ini acare tiap tahun ke”
Kawan : “belum tau lagi”
Aku : “kenape ?? tak ade duit ke ?”
Kawan : “duit ade”
(dalam hati lagi, macamlah die yang mengesahkan APBD Kota Tanjungpinang)
Aku : “tempat ?? banyak tempat di Tanjungpinang ini”

Aku tinggal pergi, karena setiap habis jawab pertanyaan aku, die cakep lagi dengan kawan die, yang jage stand, macam nak tak nak die layan aku, karene terkesan sombong, aku pun cau lah tak payah pamit lagi. Hilang dah niat nak tanye-tanye lagi. Dalam hati, kalau lah die jadi Kabag atau Kepale Dinas, tak tau lah, makin besar kepale nampaknye, mungkin dengan aku sekali pun dah tak kenal. Padahal baru-baru saje diangkat jadi PNS.

Hasil jalan-jalan dari stand ke stand, aku berpendapat, bagus-bagus foto yang dipamerkan, foto dicetak dengan mesin cetak foto, tentulah lebih bagus, apelagi dengan teknik foto yang mantap, foto yang dicetak dengan printer biase tentu lain sikit hasilnye. Liat stand itu, liat stand ini, terbesit dihati macam tak puas saje liat foto-foto yang dipamerkan, banyak foto-foto seremoni, kate orang, itu pun dengar-dengar, foto dapat mendiskripsikan kejadian, dengan tata letak yang baik, sehingge di dapatlah urutan kejadiannye. Macam pembangunan dari tahun ke tahun kan bagus bile dibuat urutan perkembangannye, jadi nampaklah ape dah dibangun dan sedang dibangun, di stand bagian kepegawaian nape tak dipamerkan foto siape pegawai yang telah berprestasi, sengaje merendah, atau memang tak ade, tak tau lah, di pariwisata lain lagi, Kota Tanjungpinang ini kan di kelilingi laut, pulau-pulau pun banyak, tapi sayangnye, tak ade Wisata Bahari yang ditampilkan, andalan Dragon Boat Race atau Lomba Perahu Naga, sayang sekali. Bile tak ade Dragon Boat Race, sepilah kegiatan wisata bahari. Tapi wisata lain bagus, macam wisata budaya. Stand DPRD Kota Tanjungpinang, buat aku bertanye-tanye, kenape banyak foto-foto Rapat ?, ape kerje DPRD hanya rapat, kalaupun rapat, ape yang dirapatkan, tulis lah dibawah foto itu, biar orang tau, tapi kan lebih baik dibuat hasil kerje DPRD dari tahun ke tahun, jadi yang liat pun tergeraklah hati nak milih lagi, dah itu pun, tiap malam saye pergi, tak ade yang jage di stand ini. Ape memang malam sengaje tak dijage, jadi susah sikit nak tanye-tanye. Bile perlu berilah selebaran peraturan daerah yang telah ditetapkan, jadi lebih tau lah kite orang biase ini, kalau nak buat ini atau itu dah ade peraturannye.

Yang buat aku terkesan dan lame liatnye di stand kecamatan dan kelurahan, nampak jelas sekali pembangunan yang telah di buat, walaupun teknik foto masih kurang, tapi bagus, tata letak urutan kejadian dari foto pun bagus, patut dipuji. Di Stand GM-BP3KR atau Generasi Muda Badan Penyelaras Pembangunan Provinsi Kepulauan Riau, aku pikir masih kurang greget, dari awalnye stand ini sepi foto-foto sampai bertambahlah foto yang dipamerkan, sayangnye kenape tak dipamerkan foto-foto kejadiannye ketike menuntut Kepri menjadi Propinsi dari awal sampai ke peresmian atau disahkan menjadi Provinsi Kepulauan Riau, tentulah lebih berkesan, dan juge program lain yang akan dijalankan oleh GM-BP3KR setelah jadi Propinsi Kepri. Stand penyair kota adelah nampak seorang due generasi mude, selebihnye foto-foto pujangge-pujangge atau penyair-penyair angkatan tue.

Secare umum, bagus ade pameran ini, jadi dapatlah tau pembangunan yang telah dibuat, dan yang akan dibuat Pemko Tanjungpinang sesuai dengan RTRW 2005-2015. Tapi perlu juge dipikirkan untuk berikutnye bile nak buat lagi, karene ade acare kesenian tiap malam, jadi sempit, penonton penuh, nak gerak pun susah, apalagi nak nonton, karene dah terlalu penuh, sampai nak ambil foto pun susah, masih banyak yang perlu dibenahi untuk berikutnye.

Dari jalan-jalan ke pameran tadi, ade beberapa info yang aku dapat, nanti aku posting, tunggu, mungkin bergune juge buat masyarakat Tanjungpinang atau pun masyarakat Indonesia.


1 komentar:

  1. hehehe..nampak sangat kurang persiapannya ya
    memang benar..banyak foto yang seremoni...tidak menunjukan perkembangan kota tanjungpinang
    saya saja ke sana cuma pas pembukaan
    siap tu malas
    soalnya tak menarik hati hehehe

    BalasHapus

Tinggalkan Jejak

 

Pengunjung

Ikut Donk......

Tukaran link ....



Silahkan Copy Kode Dibawah Gambar Untuk Tukar Link


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Bintan Island Blogger Community

Tg.Pinang--Kepulauan Riau