SUNATAN MASSAL

Pagi Minggu itu suara riuh anak-anak memenuhi tenda di halaman parkir Puskesmas Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Tidak ada tampak wajah tegang, semuanya tersenyum senang. Didampingi orang tuanya anak-anak tersebut akan mengikuti Sunatan Massal.

Sesuai hasil dari MAD Sosialiasasi Tahun 2014 yang dilaksanakan pada bulan Februari 2014, disepakati bersama Sisa Hasil Usaha (SHU) Tahun 2013 untuk Kegiatan Sosial adalah Sunatan Massal dan Bantuan Bea Siswa untuk Anak-Anak Yatim-Piatu di Kecamatan Tambelan.

Dari SHU tahun 2013, anggaran kegiatan sosial ditetapkan sebesar Rp. 38.001.000,-, dari dana ini akan dilaksanakan Sunatan Massal dan Bantuan Bea Siswa tersebut. Untuk Pelaksanaan kegiatan disusun Panitia Pelaksana dengan melibatkan KPMD dari masing-masing desa, dan KPMD segera bergerak mencari data anak yang akan ikut Sunatan Massal juga anak Yatim Piatu yang akan mendapatkan bantuan Bea Siswa.

Setelah melalui perundingan dengan pihak Puskesmas disepakati kegiatan Sunatan Massal ini dilaksanakan pada pagi hari Minggu tanggal 15 Juni 2014.

Tepat tanggal 15 Juni 2014, KPMD mulai bertugas sesuai dengan tugas masing-masing yang telah disepakati dalam Rapat Panitia, pihak Puskemas membagi 5 ruang untuk proses Sunatan Massal.

Sekretaris Camat Kec. Tambelan, Bpk. Assun Ani, S.Sos membuka kegiatan ini, dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program PNPM Mandiri Perdesaan berjalan baik di Kecamatan Tambelan dan terlihat hasilnya, salah satunya adalah Kegiatan Sosial ini.

Hadir juga Ketua BKAD Kec. Tambelan Bpk. Leo Ananda yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan kesepakatan yang telah ditetapkan di MAD, dan sesuai dengan asas DOUM (Dari Oleh Untuk Masyarakat).

Satu persatu anak yang berjumlah 28 orang dipanggil untuk masuk ruangan, meskipun dilaksanakan di Puskemas, kepercayaan masyarakat tetap dijunjung, ada beberapa peserta yang orang tuanya tetap menginginkan kepercayaan mereka dilaksanakan, selain membawa peralatannya, juga membunyikan petasan.

Dari pagi hingga siang hari Kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar. Peserta Sunatan Massal juga mendapatkan Kain Sarung, Baju Koko dan Kopiah yang dibungkus rapi dengan logo PNPM Mandiri Perdesaan di tas yang dibawanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak

 

Pengunjung

Ikut Donk......

Tukaran link ....



Silahkan Copy Kode Dibawah Gambar Untuk Tukar Link


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Bintan Island Blogger Community

Tg.Pinang--Kepulauan Riau