PELAJAR SMU DIPECAT GARA-GARA FACEBOOK

Facebook (FB) salah satu jejaringan sosial yang banyak digemari, di Indonesia mungkin sudah diatas belasan juta pengguna FB, dan pemakainya pun dari berbagai kalangan, dari ABG sampai orang tua, tetapi jangan sampai kemajuan teknologi ini menjerat diri sendiri. Inilah yang dialami oleh siswa Sekolah Menengah Umum atau SMA di Tanjungpinang. Karena “curahan” di FB yang telah menyinggung seseorang guru akhirnya siswa tersebut dipecat alias dikeluarkan. Dari informasi yang beredar, keputusan mengeluarkan siswa tersebut diamini oleh Diknas bersangkutan.

Sekolah tempat mendidik anak menjadi insan yang berguna, membentuk akhlak siswa. Pemecatan langsung dapat memberikan efek ketidaknyamanan bersekolah. Dari kasus ini terlihat akhlak atau budi pekerti siswa sangat rendah, rasa hormat kepada guru tidak ada, dan kemajuan teknologi juga harus cepat di tanggapi oleh guru. FB bukan barang baru, seharusnya guru Informasi Teknologi (Guru Komputer) harus memahami ini, dan memberikan pemahaman kepada siswa penggunaan FB ini dan jeratan hukum yang akan didapat bila salah menggunakan teknologi informasi.

Akan tetapi, Pemerintah atau instansi (Dewan Pendidikan) atau Dewan sekalipun jangan tinggal diam, walau bagaimanapun keputusan memecat siswa harus dengan alasan yang jelas. Kasus ini harus diproses, tinjau ulang keputusan yang dikeluarkan mungkin perlu, dan guru yang merasa “terhina”, berikut Kepala Sekolah dan Kepala Dinas terkait, dipanggil untuk diminta kejelasannya dan tanggungjawabnya, apabila ada kesalahan pengambilan keputusan harus maka sanksi dapat diberikan dan apabila kesalahan terdapat pada siswa maka keputusan yang diambil dapat dibilang tepat.

Komentar

  1. wah mantap nich..saya turut berduka cita....berkunjung yang tidak sia2..klo sempat jalan2 ke saya juga yah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANTUN UNTUK ACARA PERKAWINAN ADAT MELAYU

PANTUN TEPUNG TAWAR

MIE REBUS, MIE KUAH ATAU MIE LENDIR