Original atau Bajakan

Pilih yang mana satu... Original apa Bajakan??? keduanya menghasilkan mutu yang sama. Tidak usah diragukan lagi, banyak barang bajakan beredar di Indonesia. Dari CD lagu, VCD, Software Komputer, semua tidak luput dari bajakan, mengapa ini harus ada ??? jawabnya mudah sekali..karena mahal, daya beli tidak terjangkau, ada yang murah dan mutu bagus..kenapa tidak..
Tidak usah diragukan lagi hampir semua masyarakat Indonesia menikmati hasil bajakan, dan HAKI pun gencar mengutarakan berantas pembajakan, sehingga grup musik ternama pun mengucapkan selamat kepada pembajak. Nah sayangnya penikmat bajakan ini banyak diminati kaum ekonomi lemah yang jelas-jelas memuja mereka, mengidolakan mereka, sehingga untuk membeli yang original tidak mampu, jalan keluar, mendapatkan bajakan pilihannya.
Seharusnya ini menjadi bahan pemikiran buat mereka-mereka yang berkarya. Jangan hanya memikirkan keuntungan dari hasil karyanya, tapi memikirkan langkah konkrit bagaimana masyarakat ekonomi lemah ini dapat menikmati hasil karya mereka. Para pembajak pun akan lebih banyak memproduksi karena bajakan masih tetap diminati. Software komputerpun tidak luput dari bajakan, hasil bajakan dengan original tidak jauh berbeda, dan banyak juga masyarakat Indonesia menggunakan software bajakan yang membuat petugas harus berperang melawan pembajakan, dan pengguna bajakan pun harus pandai-pandai mencari celah...apakah akan tetap seperti ini??? Mana yang anda pilih..... Bajakan atau Original... pilihan di hati dan nurani anda...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANTUN UNTUK ACARA PERKAWINAN ADAT MELAYU

PANTUN TEPUNG TAWAR

MIE REBUS, MIE KUAH ATAU MIE LENDIR